Penulis adalah Hatta Bachtiar (Tata)_Kuwatno. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

CERPEN Aku Takut Mencintaimu

Aku Takut Mencintaimu
Penulis : Kuwatno (Tata)

Waktu bergulir begitu cepat, sudah satu semester lebih Ayu diam-diam mengagumi Ikhsan, kakak kelas Ayu di sekolah, anaknya baik, cakep, keren ,pinter, sopan,  tegas pula. Tapi Ayu sendiri belum tahu apakah kak Ikhsan tau kalau sebenarnya selama ini Ayu mengaguminya, yang kini rasa kagum itu mengantarkan Ayu mulai  merasakan tumbuhnya butiran-butiran benih cinta yang perlahan tumbuh di hatinya. Ayu hanya berani bercerita tentang persaan ini sama sahabat-sahabatnya di sekolah, sahabat yang bisa ngertiin Ayu, yaitu, Kirana, Adis dan Zenal. Nah, kebetulan di antara mereka yang jomblo tinggal Ayu. Kirana sama Zenal, Adis sama Rizki. Sedangkan Ayu? She doesn’t know, yah Ayu sendiri ga tau ini cuman perasaan iri doang liat temen-temen pada punya pacar ataukah memang Ayu bener-bener jatuh hati sama kak Ikhsan, tapi Ayu dah janji sama mama kalau dia di MA bakalan bener-bener niat mau belajar dan gax pacaran meskipun sekarang gejolak asmara telah hinggap dan menyinggahi hatinya. Sahabat-sahabatnya juga udah tau semua tentang ini dan mereka selalu memberi semangat buat Ayu, di kala ia sedih, mereka selalu ada buat Ayu, mereka kompak dan gak gampang percaya sama omongan jelek dari orang lain kalau itu akan  merusak persahabatan mereka.

**** **** ******
Suatu hari ,ada sms yang Ayu sendiri gax nyangka itu sms dari Kak Ikhsan,
“Assalamu’alaikum ya Ukhti, pa bner ni Nomrnya De Ayu?  “ begitulah temen-temen sekolah memanggilnya, Ayu. Lengkap namanya adalah Ayu Kusuma tapi akrabnya ia dipanggil Ayu di sekolah sama temen-temen. Begitu juga dengan sapaan Kak Ikhsan ini, pesan yang Ayu baca dari ponselnya yang seketika itu juga ia cepat membalasnya,
“Wa’lkmsalam ya Akhi, iya Kak,,, betul ni  Nmer Ayu. Ada pa ya ka?”, dia balik tannya.
“Kk mw nanya ssuatu,, kmu tmennya Asih kan, Anak kelas XI Agama?”Tanya kak Ikhsan.
“Iyaa kak, kenapa?” Ayu balik bertanya lagi ngebalas sms pertannyaan yang tadi.
“Aku mau minta nmornya,,, km punya gak? Emm.. Kk pnya si pi skrang dah ga aktf mbok km pnya yg aktif”.
Tadinya Ayu seneng banget bisa ada sms masuk dari Kak Ikhsan tapi membaca ujung smsannya seperti ini rasa kegembiraan Ayu seketika padam tak menyala sekedippun, ia merasa rasa cintanya ke kak Ikhsan hanya rasa cinta dan suka yang tak mungkin terbalas namun tanpa berfikir panjang ia kasih nomer Asih ke kak Ikhsan.
“Iya Kak, nu nomrnya dah ganti. Ni nomer  Asih yng bru 085726504132”, dengan terbelit rasa cemburu di kalbu, Ayu sending pesan ini.
“makasih ya”. Begitu sms kak Ikhsan setelah sms Ayu delivered ke sana.
“sama2 Kak..” jawab Ayu  singkat.


**** **** ******
Setelah Ikhsan punya nomer Asih langsung kemudian ia mengirim sms ke Asih untuk melanjutkan perbincangannya semalam ketika chattingan di Facebook yang telah membuat  Ikhsan penasaran. Semalam Asih menolak postingannya banyak di komen sama dia, bagi Asih cuma dilike saja udah cukup. Tapi bukan itu sebenranya rasa penasaran yang menyelimuti pikiran Ikhsan ke Asih melainkan alasan kenpa Asih gak mau postingnnya dikomen sama dia itu ternyata hanya karena ia takut Ayu bakalan jealous kalau tau Kak Ikhsan banyak komen-komen di postingannya. Padahal apa yang dikhawatirkan Asih itu udah terjadi dan Ikhsan sendiri tidak tahu sama sekali kalau teman Asih yang jealous yang di maksud adalah Ayu.
“Assalamu’alkm,, Pa bner ni nomr De Asih? Ni Kk Ikhsan” begitu pesan singkat yang tampil di ponsel Asih.
“Wa’alkmsalam Wr.Wb,, y Kk,, ni nomr Asih,, duh kok kk tahu nomr q dr cpa Kk?” tannya Asih balik. Beberapa menit kemudian masuk lagi sms Kak Ikhsan  dari ujung sana,
“kk kan tau km tmennya Ayu meski skrang bda kels dia XI Ipa pi km kan stu klas dulu di kels X pasti akrablh ma kmu, kbetuln Ayu kan satu Organisasi ma Kk jdi Kk pnya nomr dia. Kk masih pnasran ma ank yng km sbut2 smalem. Emang yng jeles tu sp si?”.
“duhhh  gmana ni Kk,, kalau dia tau gmana  nihh,,? dia pasti bkal marah bgt ke q kak,,”
Ikhsan makin ga mudeng sama apa yang di omongin Asih.
“udhlah Kk jjgn nanya ke q, nanti li kk tau sndiri cpa anknya”.
“Lah jangn bkin kk  pnasran si ngp..” tapi kemudian ga di bales lagi sama Asih.

**** **** ******
Habis pulang sekolah setelah jenuh di tempa matrikulasi pelajaran yang melelahkan kepala apalagi  hari Kamis semua mapel UN ada semua di situ. Ada si Rumit Matem, Fisika sama Kimia dan jam terahir dibalut sama bahasa asing siapa lagi kalau bukan si English ituh, benar-benar maregi pelajarannya. “Huft,,,”, sambil menghela naffas karena pulangnya bersepeda dari sekolah, “ Alhamdulillah, ahirnya sampai juga di rumah. Assalamu’alaikum.” Sapa Ikhsan barang kali di rumah ada orang setelah sampai persis di depan rumah dan udah naruh sepedanya di tempat biasa. “Wa’alaikumsalam, baru pulang Ka?” tannya Nira, adik perempuan Ikhsan yang masih SMP kelas 3 seketika Ikhsan masuk. “ya  ,,” jawabnya singgkat sedikit tersenyum. Ikhsan kemudian langsung menuju ke kamar dan seperti biasa habis nyampe rumah buru-buru ganti kaos, nyalain musik, buka Notebook, tancapin Modem terus Online deh. Tak lupa dengan foto Ayu, sesosok wanita yang Ikhsan sukai untuk diletakan samping layar monitornya. “Yahh biarpun hanya sebuah foto tapi ini bisa menemani dan membuatnku tersenyum. Terus aku bisa menatapnya tanpa malu-malu hehe”, gumamnya dalam hati karena kalau di sekolah ga mungkin Ikhsan liatin Ayu, karena Ikhsan malu-malu gituh sama Ayu dan ketika di sekolah dia gax pernah nunjukin hati yang sebenernya ke Ayu kalau ia suka sama Ayu,  ia berlaga cuek meski senebernya hati dan fikirannya selalu memperhatikan Ayu. Dia cantik, secantik namanya Ayu, anaknya baik, dan santun juga sama temen, guru dan kakak kelas. Ya, itu setahu Ikhsan dan dari sudut pandangnya mungkin karena Ikhsan menyukainya, dan memperhatikan Ayu secara diam-diam ketika dalam forum organisasi. Sudah lama juga Ikhsan memperhatikan Ayu semenjak  semester ahir ketika Ayu masih kelas X dan ia di kelas XI.  Waktu berputar bgitu cepat sekarang Ikhsan dah kelas XII dan  tak terasa juga telah lama ia menyukainya namun sampai sekarang belu ada keberanian darinya untuk mengungkapkan isi hatinya ke Ayu. Begitulah ternyata yang selama ini terjadi, Ikhsan dan Ayu yang sebenarnya saling cinta, saling suka dan mengagumi tetapi mereka saling diam dan gax ada yang tahu, Ikhsan tak tahu kalau  Ayu juga punya rasa yang sama ke dirinya dan begitu juga sebaliknya Ayu pun tak tahu kalau Kak Ikhsan juga jatuh hati kepadanya.
Di tengah waktu sibuknya Online, Ikhsan masih saja di hantui rasa pnasaran, siapa anak yang dimaksud Asih sebenernnya. “Mungkin gax ya,,, yang di maksud Asih tuh Ayu?”, pikirnya. “Ahh,, tapi masa  sih? Tapi kalau iya,,, ,, duhhh kok aku jadi ngigo yang egak-gak kya gnih si jelas–jelas Ayu tuh cuek ma aku dan dia biasa-biasa ajah ke aku. Ke GR_an banget si aku”.
**** **** ******
“Ayu….. Ayuuuuu !! ihh gx biasanya banget si,, gx asik tau,, knpa sihh?” Tanya Adis ketika istirahat duduk-duduk di kelas.
“Gax papa kokh Dis,, biasa mbok kya gni,, tuh tadi ulangannya ada yang gax bisa ngerjain kokh,, sebell “  jawab Ayu ketus.
“ yah,,, gitu ajah dibikin repot banget sih Yu,, kya gax biasa remidy ajah hehehhee”, saut Adis spontan ingin mencairkan suasana tapi Ayu tetep  ajah  seperti  tadi  cuman ada senyum tipis di bibirnya.
“ lagi knapa si Yu,, Crita dong ke kita syapa tau kita bisa bantu,, ya gax Dis?” tambah Kirana.
“Iya Yu,, bener tuh kata Ira,, sagih crita!” desak Adis. Ahirnya  Ayu cerita ke sahabat-sahabatnya itu.
“hmmmm ,, iya, iya, iya,, aku aja yang lagi gini gax gubes kok malah kalian yang repot  sihh,,”.
“Terus???? Kita entar pulang sekolah gak usah ganti baju langsung ke rumah kamu, abis ituh ketok-ketok pintu terus kalau gax ada orang di rumah loe kita dobrak pintunya abis ituh bilang WOWWW terus  pulang dehh,, hhahahahahahaa”, cletuk mereka kompak.
“Kak Ikhsan suka sama Asih,, “ jawab Ayu pelan.
“Whattt???? Dari mana kamu tau Yu?”, tannya Ira.
“ ya tahu ajah lah,, kemarin aku seneng banget Kak Ikhsan sms aku, kirain mau nanya apaan ehh,,,,,, malah ujung-ujungnya nannya-nannya tentang Asih sama minta nomornya lagihh,, gimana gax BT coba???“.
“Ciet.ciet.ciet,, yang lagi cemburu nnihhh”, ledek Adis dengan nada bercanda.
“Ya,,,, sebelum Kak Ikhsan bakalan jadian sama Asih kamu ungkapin gih duluan ke Kak Ikhsan lo Kamu suka sama dia” tambahnya iseng.
“Kamu gila Dis,, temen lagi sedih malah lo panas-panasn gituh sihh!” tukas Ira ketus.
“Kok jadi pada kalian yang ribet si ihh ngantuki banget tau gax..”
“ iya de iyahh,, aku kan cuman justkiding doang tadi,,,  abis Ayu nya serius bangeet gituh hehhe..” lanjut Adis sambil  terpaksa senyum salting.
Tiba-tiba saja bel masuk berbunyi,
“TEEEETTTTTTT,,,, TTEEEEETTTTT,,,,…………..”
“udah-udah bubar,, dah masuk tuh belnya dah berkumangdang” tegas Ayu ke sahabat-sahatnya. “ Ntar dilanjut lagi yah ceritanya Yu,, hehhe”, pinta Adis sambil berjalan menuju tempat duduknya.

**** **** ******
            Bebrapa hari kemudian akhirnya Ikhsan tahu kalau ternyata anak yang dimaksud sama Asih adalah Ayu. Tak tergambarkan betapa gembirannya Ikhsan mengetahui kabar itu. Mukanya tersenyum merah padam, matanya selalu berbinar memancarkan aura mengekspresikan kebahagiannya, Ayu yang selama ini ia kagumi dan ia sukai ternyata juga mencintainya. Hatinya berbunga-bunga bak taman raya yang indah. Terbanyang Anggun diri Ayu yang melekat di fikirannya, berdebar deras jantungnya iringi langkah-langkah harinya. Ikhsan udah merasa cukup banyak waktu buat mengenal Ayu dan ia udah bener-bener yakin sama gadis pujaan hatinya itu. Tapi keyakinan itu masih dihantui kata hati yang masih ragu untuk mengungkapkan perasaan kepadanya. Ia takut apa yang ia dengar ini hanyalah semilir angin yang menyejukan kalbu namun hanya kenyataan semu yang tak tampak jelas kebenarannya. Tak lain halnya dengan Ayu, Ikhsan pun menceritakan ini ke sahabat dekatnya.
“Ya,,, Ikhsan,,Ikhsan,, jadi cowo yang beranian dikit dong,, bukannya kamu terkenal tegas, pemberani masa urusan asmara kaya gini lo malah takut,, paya lahh “, tukas Andri sahabatnya itu setelah mendengar masalah Ikhsan yang masih belum berani ngungkapin perasanya ke Ayu.
“Perlu kamu tau ya San, sangatlah menyakitkan mencintai seseorang yang tidak mencintaimu, tetapi lebih menyakitkan adalah mencintai seseorang dan kamu tidak pernah memiliki keberanian untuk menyatakan cintamu kepadanya. Jadi, Udahlahh,, lagian anak-anak juga dah banyak yang tau kali kalau Ayu tu juga ada rasa sama lo jadi dia pasti juga lagi berharap banget kalau lo ngungkapin ini semua ke dia. Percaya deh ke gue,, Ayu bakalan nerima lo kokh !”, tambah Andri meyakinkan.
“Oke deh,, thanks plen, aku bakalan samperin Ayu nanti pulang sekolah, semoga ajah bener kata lo kalau Ayu juga suka ma aku.” Kata Ikhsan yakin.
Ahirnya bel pelajaran terahir usai telah terdengar, sehabis berdoa Ikhsan langsung beranjak dan bergegas menuju ke kelas Ayu takutnya Ayu dah buru-buru pulang. Ternyata benar prasangkannya Ayu sama sahabat-sahabatnya udah di depan kelas mereka dengan ransel yang udah siap di bawa cek out dari kelas, langsung saja Ikhsan menghampiri mereka. “Assalamu’alaikum, Dhe,,,”, sapa Ikhsan kepada mereka sambil menampakan setipis senyum. Ayu, Kirana, Adis dan Zen menjawab kompak.
“Wa’alaikumsalam Kak Ikhsan”,
“Ada apa Kak? tumben nih, nyariin Ayu yah Kak?” tambah Adis dengan nada bercanda. Ikhsan sedikit tersipu.
“Ihh apaan si Dis,, ngaco banget”, tukas Ayu.
“em,..  Iya aku ada perlu sama kamu Yu,. Boleh kita bicara sebentar di kelas?”
“Sama kiteee,, CiiiiiEEhhhhhh!!!!!!!!!!!!”, yang lain meledek.,
“Tuh kan bener tebakan aku”. Tambah Adis.
”ya udah Kak kami duluan ajah!, takut ganggu. Yu,, kita duluan yahh! Nanti ke koprasi dulu, kita pulang bareng kaya biasa OK!”, Kata Ira sambil mengajak yang lain.
Setelah sahabat-sahabat Ayu jauh, Ikhsan dan Ayu masuk ke kelas sejenak terdiam kemudian Ikhsan memulai pembicaraannya.
“ma’af ya De. Aku ganggu bentar, ada yang mau aku sampein ke kamu” kata Ikhsan pelan.
“Iya Kak,, gax papa kokh”, sahut Ayu sedikit lebih pelan lagi.
“sebelumnya aku minta ma’af jika aku lancang mengatakan ini,”
Ikhsan menatap mata Ayu,
“sudah lama aku mau sampaikan ini tapi baru sekarang aku mampu melakukannya”
Ayu masih terdiam menyimak kata demi kata yang kak Ikhsan sampaikan.
“haruslah kamu tahu kalau selama ini ada orang yang selalu merhatiin kamu dan suka sama kamu. Dan sekarang orang itu  ada di hadapan kamu. Jujur,,,, sejak pertama kali aku mengenal kamu aku sudah mulai ada rasa yang beda sama kamu Yu. Dan tanpa aku sadari ternyata telah tumbuh rasa cinta di hatiku padamu, karena itu maukah kamu menjadi pacarku?” sejenak mereka terdiam. Ayu menatap  wajah kak Ikhsan yang penuh harap. Ayu sudah menerka kalau kak Ikhsan nyatain cintannya ke dia tetapi bagaimana dengan janji Ayu sama mamanya. Sungguh posisi yang tak menentu  bagi Ayu, dia benar-benar binggung mau jawab apa sementara ia sendiri juga benar-benar suka sama kak Ikhsan, tapi dengan sedikit keyakinannya ia gax mau ngianatin janjinya ke mama, ia terpaksa membohongi perasannya sendiri demi mamanya meski  hatinya berat dan sakit.
“sebelumnya Ayu juga minta maaf Kak, Ayu memang suka sama Kak Ikhsan, Kaka baik, sopan, pinter, tegas pula dan bukan cuman Ayu kak, tapi temen-temen Ayu juga banyak yang suka dan kagum sama Kak Ikhsan tapi Kak,,,, Ayu  gax bisa nerima permintaan Kakak. cukuplah kita berteman, bersahabat. Kak Ikhsan udah Ayu anggap sebagai Kakanya Ayu Kak. Ayu harap kaka gx kecewa dengan jawaban ini. Maafin Ayu Kak,, Ayu di sekolah harus belajar dengan baik, gax boleh kecewain orang tua Ayu. Ayu takut itu akan mengganggu belajar Ayu. Sekali lagi,,,,,,,, maafin Ayu Kak,,,” Ayu menjawabnya pelan dan tak kuat melihat mata kak Ikhsan yang benar-benar mengharapkannya. Ia pergi meninggalkan Ikhhsan sendiri di kelasnya. Ikhsan tak menyangka Ayu akan mengatakan hal yang menyayat hatinya ini.
 “ternyata apa yang aku dengar tentang dia semua itu salah. Ayu tak mencintaiku seperti apa yang udah aku denger dari temen-temen.” Gumamnya dalam hati sambil berjalan meninggalkan ruang kelas Ayu dengan penuh rasa kekecewaan.

“Kamu kenapa Yu?,,“ Tanya Adis ketika Ayu sampai di depan koprasi.
“gax kenapa kokh Dis” jawab ayu lemas, matanya bergelinang air mata namun tak menetes.
“Kak Ikhsan nyakitin kamu pa?” Tanya Ira heran dengan Ayu yang yang penampilan mukanya  layu.
“kak Ikhsan nembak aku”,
“lokhh berarti kamu dah jadian dong ma kak Ikhsan? Kokh malah lemas si Yu?”
“aku gax bisa nerima Dis,, aku gax mungkin bohongin mama”, air matanya menetes.
“Ya udah sabar ya Yu,,,,,, kita tau persaan kamu kokh,, Udah udah,,, gax boleh cengeng ginih,,, mending kita pulang sekarang yuk,,!! nanti kita mampir ke tempat biasa buat nenangin hati kamu”, hibur Kirana yang gax tega ngeliat Ayu sedih.
“makasih ya Ir, Dis, kalian sahabat aku yang ngertiin aku banget”.
Mereka kemudian berjalan bareng meninggalkan sekolah.
“maafin Aku Kak,,,, Aku takut  mencintaimu” desis Ayu dalam batinnya sambil menahan air matanya, “semua akan indah pada waktunnya Kak, meski ucapan Ayu tadi menorehkan luka yang dalam. Ayu harap Kaka bisa mengerti”.

The End.

Begitulah teman-teman, cerita kreasiku,, mudah-muudahan bisa menghibur waktu istirahat kalian. Happy reading. :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar